Anggota Beraksi Nyata, Anggota Bersejahtera melalui CBT 38 Kopma UNY

  • Kopma UNY
  • Anggota Beraksi Nyata, Anggota Bersejahtera melalui CBT 38 Kopma UNY

Anggota Beraksi Nyata, Anggota Bersejahtera melalui CBT 38 Kopma UNY

Category: Anggota, BERITA, Event, Featured, PSDA

Keberhasilan suatu organisasi dapat dilihat kesejahteraan anggotanya. Terutama dalam sebuah koperasi, kesejahteraan anggota merupakan tujuan utama. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kerjasama yang apik antara manajemen dan anggotanya. Mereka bahu membahu berpartisipasi dalam bentuk modal, usaha, maupun dalam pembuatan keputusan yang pastinya bertujuan untuk memajukan organisasi.
Pada hari Sabtu tanggal 13 Oktober 2018, Kopma UNY mengadakan acara CBT atau Coop Basic Training yang ke 38 yang merupakan serangkaian acara Pendidikan Wajib (Dikjib) 38 Kopma UNY. Acara yang dilaksanakan di gedung LPPM lantai 2 memperkenalkan dasar-dasar perkoperasian dan juga mengenalkan Kopma UNY secara lebih rinci. Diharapkkan dengan adanya pendidikan dasar ini, para anggota Kopma UNY dapat lebih memahami bagaimana koperasi itu bekerja dan terutama mengenai Kopma UNY itu sendiri.
Acara yang dihardiri oleh kurang lebih 170 anggota baru Kopma UNY memiliki beberapa pemateri hadir. Mulai dari owner Marwadi Group Yogyakarta, Warsis SHI. Beliau memberikan materi mengenai perkoperasian yang meliputi pengertian koperasi, dasar-dasar koperasi, apa keunggulan koperasi itu sendiri dibandingkan dengan organisasi berbasis bisnis lainnya, dan masih banyak lagi. Materi yang kedua disampaikan oleh Hendri Hariyanto S.Pd., Ketua Smartpreneur Community Yogyakarta. Beliau mengenalkan kewirausahaan kepada para peserta. Materi terakhir mengenai leadership yang disampaikan oleh Vita Arum Sari, asisten Adminhum Kopma UNY 2018.
Selain itu, peserta CBT 38 Kopma UNY juga diperkenalkan kepada Forum dan Komunitas Kopma UNY. Ada tiga forum di Kopma UNY yaitu FKA (Forum Kreatifitas Anggota), ETC (Education Training Center), dan MPI (Media Publikasi dan Informasi). Untuk Komunitas sendiri, terdapat beberapa yang memperkenalkan diri seperti Kopma Seni, CSR, Kopmapala, dan Kopma Sport. Untuk lebih mengenalkan koperasi kepada peserta, hadir pula organisasi koperasi regional yang ikut memeriahkan acara CBT 38 Kopma UNY. Mereka adalah dari FKKMI, Kopindo, dan juga HKMY.
Panitia juga memberkan pretest dan post-test untuk mengukur pengetahuan yang dimiliki oleh peserta. Selain itu juga untuk memperlihatkan hasil yang diperoleh peserta setelah mendapatkan materi yang diberikan oleh para pembicara. Diharapkan para peserta mampu memahami dan menanamkan jiwa perkoperasian dalam hati sanubarinya serta dapat diterapkan dalam kesehariannya.
Acara dilanjutkan di Villa Merpati, Kaliurang. Di tempat itu diawali dengan pengenalan Duta Anggota Kopma UNY dan dilanjutkan dengan Rangking 1. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Selain untuk mengetes kemampuan dan kecepatan pola pikir peserta, kegiatan kali ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antar peserta. Menciptakan persaingan sehat tanpa saling menjatuhkan satu sama lain.
Malam harinya, seperti agenda rutin tiap tahunnya, yaitu ritual api unggun. Para peserta mengikuti acara secara khidmat. Setelah itu dilanjutkan dengan pentas seni dari masing-masing kelompok. Mereka melakukan penampilan sesuai dengan ketentuan undian yang diperoleh di awal. Acara ditutup dengan pembagian door-prize untuk seluruh peserta dan panitia sebelum akhirnya mereka kembali ke villa masing-masing untuk beristirahat.
Pagi harinya peserta diajak melakukan senam untuk meregangkan otot dan menggerakkan badan. Dilanjutkan dengan melakukan outbond dan permainan di setiap pos yang telah disiapkan oleh panitia. Tujuannya agar melatih kerja sama antar peserta dan peserta juga dapat memetik hikmah dari setiap permainan yang ada. Di setiap post juga diberikan tugas untuk peserta merancang business plan. Diharapkan peserta dapat cepat dan tanggap dalam membuat keputusan bersama, serta dapat memanfaatkan waktu yang terbatas untuk berfikir hal yang bermanfaat.
Acara ditutup dengan pemberian reward kepada peserta dan acara ditutup oleh Patriatdin Riyadi Baitipur, Ketua Umum Kopma UNY 2018. Dari serangkaian panjang kegiatan CBT 38 Kopma UNY, diharapkan peserta dapat tertarik untuk menggeluti bidang koperasi dan sebagai dasar mereka untuk menuju ke jenjang berikutnya. Setelah mengikuti CBT, anggota Kopma UNY wajib mengikuti pendidikan selanjutnya yaitu Pendidikan Menengah (Dikmen) dalam serangkaian acara Dikjib 38 Kopma UNY. (FNA/MPI 2018)

WhatsApp Chat Now