Datangkan Kamaruddin Batubara Sebagai Juri, UNY Raih Juara 2 Lomba Koperasi

  • Kopma UNY
  • Datangkan Kamaruddin Batubara Sebagai Juri, UNY Raih Juara 2 Lomba Koperasi

Datangkan Kamaruddin Batubara Sebagai Juri, UNY Raih Juara 2 Lomba Koperasi

Category: Featured

Yogyakarta- Dalam rangka menyambut DIES NATALIS UNY ke 54, UKM Kopma UNY menyelenggarakan lomba cerdas cermat koperasi tingkat nasional pada 5-6 Mei 2018 bertempat di Ballroom UNY Hotel. Kegiatan bertajuk National Cooperative Concours (NCC) tersebut diikutiĀ  oleh 35 tim yang berasal dari 19 Universitas se-Indonesia. Dari ke-tiga puluh lima tim tersebut diseleksi menjadi 10 besar yang masuk ke babak semi final kemudian melaksanakan debat terkait dengan isu hangat koperasi untuk kemudian dipilih 5 tim terbaik yang melaju ke babak final.

Dalam kegiatan ini, Kopma UNY menghadirkan Kamaruddin Batubara, S. E., salah satu inisiator Koperasi Benteng Mikro Indonesia (KBMI) yang dalam 14 tahun telah memiliki 130.132 anggota, 460 pegawai dengan 5 kantor cabang dan 37 kantor cabang pembantu sebagai salah seorang juri . Selain menjadi juri, Pak Kamaruddin juga menyampaikan sejumlah pesan penyemangat bagi aktivis Kopma se-Indonesia pada jeda babak semifinal menuju babak final. Beliau menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia akan kuat jika koperasinya berkembang dengan mahasiswa di depannya sebagai salah satu elemen penggerak utama.

Babak penyisihan dilaksanakan pada 5 Mei 2018 pukul 16.30 WIB dengan masing-masing tim mengerjakan soal pilihan ganda, benar atau salah, dan isian singkat. Setelah jawaban dikoreksi oleh panitia, diumumkan 10 besar semi finalis NCC 2018 dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) meloloskan 4 tim, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 1 tim, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur 1 tim, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 1 tim, Universitas PGRI Semarang 1 tim, Universitas Negeri Malang (UM) 1 tim, dan tuan rumah Jambore Kopma Nasional 2018, Universitas Siliwangi 1 tim.

Kemudian di babak semi final masing-masing tim diundi untuk kemudian saling berjejak pendapat (debat) terkait dengan isu terkini perkoperasian. Jejak pendapat dalam tahap semi final ini mampu membuat peserta terbawa suasana sehingga debat berlangsung menegangkan dan mampu menghasilkan 5 tim terbaik untuk maju ke babak final.

“Debatnya menarik mas. Walaupun saya datang sudah berjalan 2 sesi, tapi tetap menarik dan banyak peserta yang tepuk tangan dan teriak-teriak.” papar Robin salah satu wartawan Mata Media yang diundang oleh panitia.

Akhirnya 5 tim terbaik diumumkan, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan babak final yang terdiri atas soal wajib, lemparan, dan rebutan. Dua tim sempat memiliki nilai tertinggi yang sama, yaitu dari UNY dan UGM sebesar 850 poin. Kemudian perlombaan dilanjutkan dengan 3 soal tambahan untuk menentukan tim terbaik sehingga menghasilkan tim dari UNY yang terdiri dari Setyo Wati, Zakiah Noor Hidayati, dan Angesti Fajar Utami memperoleh Juara 2, tim dari UGM sebagai Juara 1, 3, dan 4, serta tim dari Unsil sebagai juara 5.

Trophy sekaligus hadiah kemudian diserahkan oleh dua dewan Juri yaitu Bapak Komaruddin Batubara, S. E., dan Drs. Supriyanto, M. M. yang juga merupakan Pembina Kopma UNY, serta Patriatdin Riyadi Baitipur selaku Ketua Umum Kopma UNY.

WhatsApp Chat Now