Krisis Kader Koperasi, Pengawas Gelar Bincang Anggota

  • Kopma UNY
  • Krisis Kader Koperasi, Pengawas Gelar Bincang Anggota

Krisis Kader Koperasi, Pengawas Gelar Bincang Anggota

Category: BERITA

Kuningan – Menjelang Purna Tugas di awal tahun 2018 Pengawas Kopma UNY menggelar agenda Bincang Anggota. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Rumah Anggota pada Jumat (9/11) lalu. Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memaparkan hasil kepengawasan selama triwulan ketiga (Juli-September 2018) kepada Anggota. Selain itu, isu Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang akan diselenggarakan awal tahun 2018 mendatang turut dilempar sebagai upaya sosialisasi penyelenggaraan forum tertinggi koperasi mahasiswa berprestasi di Yogyakarta ini.

Acara yang dipandu oleh eks. Kabid Adminhum 2017, Mbak Sasa, Ketua Pengawas 2018 memaparkan sejumlah pencapaian kepengurusan Kopma UNY Berinovasi.

“Kami telah melakukan kunjungan ke Kopsyah BMI di Tangerang dengan harapan bisa mengadopsi sistem yang ada untuk pengembangan keanggotaan dan Divisi USP. Selain itu, kepengurusan juga telah mengawali proses penyusunan sistem perhitungan insentif dan sejenisnya.” tutur Fauzi, Ketua Pengawas.

Tak hanya pencapaian prestatif, reorganisasi yang terjadi juga turut disampaikan. Adanya pengangkatan sejumlah tim, pemberhentian personel yang telah membangun Kopma UNY, fasilitas keanggotaan, dan hasil Audit Review menjadi sorotan dalam acara tersebut. Anggota yang hadir pun turut andil aktif dalam tanya jawab.

“Kenapa sejumlah produk di divisi Garden Cafe tidak mendapat fasilitas member?” tanya Abdillah (19) dalam forum tersebut.

Bela (19), mahasiswa FBS juga turut menanyakan perihal fasilitas di Kopma UNY. “Bagaimana cara mendapatkan beasiswa di Kopma UNY?”

Meskipun demikian, keaktifan peserta tersebut belum mampu menampik fakta krisis Kader Koperasi. Dari segi kuantitas, acara tersebut hanya dihadiri oleh 19 orang “plus” Kabid Adminhum, Muh. Ridwan dan eks Asisten Bidang Usaha, Edo Agus Tiansyah Suharto, dari total 5.596 anggota terdaftar. Keadaan tersebut tentu harus direspon oleh seluruh elemen Kopma UNY untuk terus melakukan sosialisasi perkoperasian demi meningkatkan partisipasi anggota. Selain Manajemen dan karyawan, secara mandiri anggota perlu aktif mencari informasi demi tercapainya Visi dan Misi Kopma UNY. (NFG/PWS)

WhatsApp Chat Now