Lebih Dekat dengan Para Kandidat Balon Ketum Kopma UNY 2019

  • Kopma UNY
  • Lebih Dekat dengan Para Kandidat Balon Ketum Kopma UNY 2019

Lebih Dekat dengan Para Kandidat Balon Ketum Kopma UNY 2019

Category: Event, Featured, Pengawas

Tahun baru, adalah kondisi dimana setiap orang berlomba-lomba untuk menyusun resolusi yang baru agar lebih baik dari tahun sebelumnya. Tak terkecuali untuk sebuah organisasi. Mereka menyusun rencana-rencana baru yang lebih segar untuk direalisasikan. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk bisa membawa sebuah organisasi ke arah yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (Kopma UNY) tak mau ketinggalan untuk ikut beresolusi di tahun ini. Bersamaan dengan akhir masa kepengurusan Manajemen Kopma UNY 2018, Kopma UNY mengadakan sebuah acara Penyampaian Visi Misi Bakal Calon Ketua Umum (Balon Ketum) Kopma UNY 2019. Tujuan dari agenda ini adalah untuk memperkenalkan para kandidat kepada anggota Kopma yang hadir saat itu. Selain itu, acara kali ini juga bertujuan untuk menguji kesiapan tiap-tiap kandidat untuk menjadi Ketum Kopma UNY berikutnya.
Acara yang dilangsungkan di Garden Cafe UNY pada hari Kamis tanggal 3 Januari 2018 pukul 16.30 WIB ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Umum Kopma UNY 2018. Dilanjutkan dengan pembacaan visi misi oleh para kandidat Ketum Kopma UNY 2019 sesuai dengan nomor urut yang telah diundi sebelumnya. Selain visi misi, para kandidat juga menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan oleh Ketum Kopma UNY 2018. Berikut adalah ketujuh balon ketum Kopma UNY 2019.


Chilyatul Umniyah, kandidat dengan nomor urut satu ini merupakan mahasiswa Pendidikan Akuntasi UNY yang saat ini sedang menjabat sebagai Kepala Bidang Keuangan di Kopma UNY. Menurutnya, untuk mengembangkan Kopma UNY ke depannya dimulai dengan megoptimalkan kinerja masing-masing divisi yang dimiliki oleh Kopma UNY saat ini. Harapannya supaya Kopma UNY mampu untuk membuka divisi yang baru di kemudian hari. Selain itu, Kopma UNY juga perlu untuk memperbaiki sistem kaderisasi yang ada.


Balon Ketum Kopma UNY 2019 nomor dua, Fajar Uji Lestari, adalah mahasiswa program studi Pendidikan Luar Biasa UNY. Dengan pengalaman yang dimiliki di Kopma UNY saat ini sebagai Ketua Bidang Usaha, perempuan yang biasa dipanggil Tari ini memiliki cukup pengalaman dalam mengelola bisnis, mulai dari perencanaan bisnis, pengimplementasiannya, promosi, serta penjualan produk.


Selanjutnya adalah Siti Annisa. Balon ketum nomor urut tiga ini juga merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Luar Biasa UNY dan saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang PSDA di Kopma UNY. Pada tahun 2017, Annis terpilih menjadi Runner Up Puteri Koperasi dalam Jambore Kopma Nasional yang saat itu diadakan di Bandung.


Edo Agus Tiyansah Suharto, atau biasa dipanggil dengan nama Edo ini merupakan mahasiwa program studi Pendidikan Luar Sekolah UNY. Dimana saat ini menjabat di Kopma UNY sebagai Kepala Bidang Personalia. Dengan menjadi kandidat Balon Ketum Kopma UNY 2019 nomor empat, Edo akan berproses bersama Kopma UNY untuk lebih berkembang lagi.


Kandidat Balon Ketum Kopma UNY 2019 nomor lima adalah Hihin Vita Amalia, mahasiswa program studi Pendidikan Matematika UNY. Selain menjabat sebagai Anggota Pengawas bidang PSDA dan Personalia Kopma UNY 2018, perempuan yang biasa dipanggil dengan nama Hihin ini juga merupakan Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (BPW FKKMI) Yogyakarta.


Asyifa Fauziah. Perempuan yang saat ini menjabat di Kopma UNY sebagai Anggota Pengawas di Bidang Keuangan dan Usaha ini merupakan kandidat balon ketum Kopma UNY nomor urut enam. Sekretaris Jenderal Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (Sekjen HKMY) 2018 ini merupakan mahasiswa Pendidikan Matematika UNY.


Penutup, Muh Ridwan. Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNY ini menjadi kandidat balon ketum Kopma UNY 2019 yang ke tujuh. Menurut Ketua Bidang Adminhum Kopma UNY 2018 ini, untuk memajukan bisnis dan organisasi dalam Kopma UNY itu kuncinya berasal dari orang-orang yang terlibat di dalamnya. Oleh sebab itu, perbaikan kaderisasi menjadi hal yang utama dalam kelanjutan organisasi yang lebih baik.
Menurut Patriatdin Riyadi Baitupur, Ketum Kopma UNY 2018, “Setiap kandidat merupakan kader terbaik Kopma UNY. Mereka telah melewati berbagai tahapan dalam menjadi balon ketum seperti pendidikan anggota, kepanitiaan, manajer, dan manajer umum. Hal itu membuktikan bahwa mereka memiliki kemampuan dalam memimpin Kopma UNY ke depannya. Siapapun yang menjadi Ketum Kopma UNY 2019, pastinya akan menghadapi tantangan yang lebih berat. Untuk itu diperlukan dukungan dari elemen utama koperasi, yaitu para anggota.”
Pesan dari Atdin, yang mengutip dari Bung Karno, “Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tumbuh bersama rakyat.” Menjadi seorang pemimpin adalah amanah dari Tuhan. Memang dalam pemilihan, anggota lah yang memilih. Namun, kejadian apapun di atas muka bumi ini adalah atas kehendak Tuhan. Mari bersama-sama berusaha dan berharap supaya Tuhan membimbing setiap langkah perjalanan Kopma UNY dan seluruh elemen yang ada di dalamnya.
Sebagai langkah awal untuk Kopma UNY yang lebih baik lagi dan mendukung kepengurusan Kopma UNY 2019, jangan lupa sebagai anggota Koperasi Mahasiswa yang peduli untuk hadir dalam serangkaian acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopma UNY yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2019 (Stadium General) dan tanggal 18-19 Januari (RAT). Kehadiran dan kontribusi kalian akan merubah Kopma UNY menjadi semakin baik ke depannya. (FNA/MPI Kopma UNY 2018)

WhatsApp Chat Now