RAT 2019

RAT 2019

Halo Kopmania!

Tak terasa kita sudah memasuki penghujung tahun 2018. Itu artinya sebentar lagi kita juga akan menghadapi pergantian kepengurusan di Manajemen Kopma UNY. Pengelolaan manajemen yang baik dan program yang tepat sasaran sangatlah penting untuk mewujudkan Kopma UNY yang lebih baik dan terus menuju ke arah yang baik dalam kepengurusan tahun 2019 nanti. Untuk mewujudkan itu semua, tentunya diperlukan partisipasi aktif dari seluruh elemen Kopma UNY, tak terkecuali anggota Kopma UNY. Anggota merupakan salah satu pilar penting dalam membangun Kopma UNY, sesuai dengan tujuan utama koperasi, yaitu mensejahterakan anggotanya, dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, perlulah kita mengenal siapa saja Bakal Calon pemegang roda organisasi Kopma UNY pada tahun 2019 mendatang. Berikut merupakan bakal calon ketua umum Kopma UNY pada tahun 2019

ASYIFA’ FAUZIAH

Perempuan kelahiran Bantul yang biasa dipanggil “Syifa” ini kini merupakan anggota pengawas Kopma UNY di sektor keuangan dan bidang usaha. Motivasi awal untuk bergabung menjadi anggota Kopma UNY adalah karena ingin mempelajari lebih dalam tentang dunia usaha dan bagaimana langkah membangun usaha tersebut. Ketertarikannya pada dunia usaha membuat ia ingin ikut belajar dalam suatu keorganisasian untuk melatih kemampuannya dalam berkerja sama dalam tim. Selama bergabung menjadi anggota Kopma UNY, ia sudah banyak berkontribusi untuk berbagai kegiatan. Pada  tahun 2015, ia memulai kontribusinya sebagai “Junior Asisten” di bidang keuangan. Setahun berlalu, ia langsung dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Asisten Bidang Adminhum bagian Administrasi Organisasi dalam Managemen Kopma UNY 2016. Rasa penasarannya terkait keorganisasian di Kopma UNY tidak berhenti, pada periode 2017 ia berhasil masuk menjadi Asisten di Bidang Keuangan. Berbagai pengalaman dan keterampilan yang dimilikinya itu, membuatnya sekarang dipercaya sebagai Anggota Pengawas 2018 sektor Bidang Keuangan dan Bidang Usaha. Pada periode ini Asyifa’ juga menjabat sebagai Sekretaris Jendral (Sekjend) Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta (HKMY). Berbagai proses di Kopma UNY telah dilalui, Syifa tak henti-hentinya ingin menambah ilmu dan pengalaman yang dimilikinya.

 

SITI ANNISA

Siti Annisa, atau yang biasa dipanggil “Anis” memulai ketertarikannya pada Kopma UNY dari keikutsertaannya dalam kepanitiaan yang dilaksanakan oleh Kopma UNY. Mahasiswi PLB angkatan 2015 ini sudah menjadi elemen Kopma UNY sejak tahun 2016. Dengan menjadi manajer di Kopma, ia mengaku dapat menambah jaringan-baik dari kalangan mahasiswa berbagai angkatan, maupun anggota nonmahasiswa.

Karirnya dimulai sejak dia menjadi asisten divisi PSDA pada 2017. Satu tahun menjabat sebagai asisten divisi PSDA membuatnya lebih mencintai Kopma. Pengalaman yang didapatkannya membuat Anis ingin mewujudkan cita-cita Kopma UNY dan membesarkannya menuju ke arah yang lebih baik. Hal ini didasari pada prinsip Kopma yang sering dipercayainya, “Besarkanlah Kopma, maka Kopma akan amembesarkanmu-dia selalu ingin menambatkan perbaikan dari segala sisi. Pada periode ini juga Anis mampu terpilih sebagai Runner Up Puteri Koperasi dalam Jambore Kopma Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Tahun berikutnya Anis terpilih menjadi Kabid atau ketua bidang PSDA. Dengan jabatannya kini, ia menjadi lebih dekat dengan semua anggota. Dia merasa bahwa kinerja para manajer dan pengurus terus meningkat, namun bersamaan dengan itu-sangat disayangkan bahwa kenyataan yang ada menunjukkan loyalitas pengurus menurun. Anis menekankan bahwa dengan prestasi peningkatan ini seharusnya juga diimbangi dengan loyalitas dari semua pihak.

Anis merupakan pengurus yang ulet, gigih, dan rajin. Dia mengaku dapat melakukan tugasnya secara maksimal dan intens di Kopma karena tidak memiliki kesibukan lain selain Kopma. Anis berkata, “Saya memprioritaskan Kopma dan menempatkannya tepat di bawah kewajiban nomor satu seorang mahasiswi, kuliah.”

 

EDO AGUS TIYANSAH SUHARTO

Edo Agus Tiyansah Suharto, atau yang lebih sering kita kenal dengan nama Edo, merupakan salah satu calon wirausahawan yang sudah bergelut dengan berbagai pengalamanya di dunia bisnis melalui Kopma UNY. Merupakan putra kelahiran Purbalingga pada 27 Agustus 1996 dan kini tengah menempuh pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta, di Jurusan Pendidikan Luar sekolah.

Semenjak memasuki dunia perkuliahan, sesosok laki-laki ini telah bergelut dengan banyak pengalaman yang ia dapatkan semasa kuliah. Ketertarikannya bergabung menjadi bagian dari Kopma UNY berawal dari motivasinya ingin mengembangkan kapasitas diri dan keterampilannya sebagai wirausaha. Untuk itulah kemudian Edo mendaftarkan dirinya sebagai anggota Kopma UNY. Setelah masuk menjadi anggota Kopma UNY, keinginannya belajar di Kopma UNY pun semakin tinggi. “Belajar tidak mengenal ruang dan waktu”, ujarnya mengenai prinsip yang ia pegang selama berproses.

Di Kopma UNY ini lah salah satu tempat bagi Edo untuk terus meningatkan wawasan dan keterampilannya. Bukan hanya sekedar ilmu bisnis namun ilmu- ilmu yang lain yang tidak bisa dicari di tempat lain. Karena keinginan untuk menimba ilmu inilah banyak sekali kegiatan yang sudah diikuti Edo . Bermula dari mendaftar menjadi anggota, terbukalah kesempatan Edo untuk lebih menyelami petualangan besarnya di Kopma UNY.

 Edo memulai karirnya di Managemen Kopma UNY sebagai asisten usaha, hingga kini ia telah menjadi seorang Kabid Personalia pada tahun 2018. Sungguh pengalaman yang luar biasa. Kecintaan pada Kopma UNY ini lah membawa Edo untuk terus belajar di sana. Edo berharap Kopma UNY ke depannya dapat mewujudkan pengelolaan manajemen yang berintegritas dan mampu bersaing di era digital, serta meningkatkan prestasi dan mengaplikasikan perkembangan teknologi pada setiap unit usaha Kopma UNY. Baginya, Kopma UNY adalah salah satu jalan untuk terus bergerak dan beradapatsi untuk menumbuhkan jiwa-jiwa inovasi dan membawa kesuskesan bagi Kopma UNY untuk sekarang dan masa depan.

 

MUH RIDWAN

Muh Ridwan atau biasa dipanggil Ridwan oleh orang-orang disekitar, sebagai sapaan akrabnya. Ia  juga memiliki nama lain di kalangan teman-teman KOPMA UNY yaitu Cak One. Ridwan merupakan laki-laki kelahiran Nganjuk, Jawa Timur. Untuk memanfaatkan waktu senggangnya, ia memiliki hobi yaitu jalan-jalan atau yang lebih kita kenal dengan travelling.

Seseorang yang kini menjadi tokoh idolanya adalah Bill Gates, seorang pengusaha yang terkenal dengan microsoft nya. Bill Gates merupakan panutan baginya, ini tak lepas dari kisah sukses Bill Gates dalam membangun usahanya melalui Microsoft. Hal ini tak jauh dengan apa yang dicita-citakan Ridwan, yaitu menjadi seorang pengusaha yang sukses. Karena bagi dirinya tidak ada ungkapan kata yang tidak mungkin, selama ikhtiar selalu dilakukan baik dengan doa, maupun usaha. Itulah motto hidupnya yang selalu menjadi penyemangat baginya menjalankan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab.

Salah satu motivasi Ridwan masuk KOPMA UNY adalah untuk mencari pengalaman dan ilmu bisnis serta meluaskan relasi. Ia cukup aktif sejak awal masuk KOPMA UNY dan mengikuti banyak kegiatan yang diadakan Kopma. Ia pernah dipercaya untuk menyandang peran sebagai Ketua dalam acara CBT Kopma UNY. Pengalaman lain yang beliau jalani di Kopma antara lain sebagai sie Acara SG RAT, sebagai Junior Asisten Adminhum,

Perjalanan karir Ridwan di Managemen Kopma UNY berawal dari diterimanya ia masuk menjadi asisten Adminhum Kopma UNY pada tahun 2017. Saat ini Muh Ridwan menjabat sebagai Ketua Bidang Adminhum KOPMA UNY 2018. Pengalaman berorganisasinya ini sudah tak bisa diragukan lagi, mengingat laki-laki asal Nganjuk ini juga sudah aktif semasa sebelum bergabung di Managemen Kopma UNY dengan menjadi Ketua Osis di Sekolah Menengah Atas, Staf Kewirausahaan HIMA PKO, Bidang Pengembangan dan bakat di UKM VOLI, beliau juga merupakan anggota KMH dan KMNU.

Harapannya, di tahun 2019 nanti, Kopma UNY dapat mewujudkan hubungan internal dan eksternal yang fleksibel dan luas serta dapat meningkatkan aksesibilitas atau kemudahan akses bagi anggota Kopma UNY selama berproses atau berkegiatan di Kopma UNY.

 

HIHIN VITA AMALIA

Perempuan berkelahiran Wonosobo, 20 Maret 1998 adalah mahasiswi prodi Matematika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universits Negeri Yogyakarta angkatan 2015.  Perempuan yang sering disapa Hihin ini mempunyai nama lengkap Hihin Vita Amalia. Pada awalnya, ia  tidak memiliki motivasi khusus untuk masuk ke dalam organisasi Kopma UNY. Keikutsertaannya pada agenda yang dilakukan Kopma UNY berawal dari ajakan temannya agar mendapat diskon ketika berbelanja di Kopma UNY.

Berawal dari CBT (Coop Basic Training), Dikmen (Pendidikan Menenegah), membuat Hihin ingin lebih mendalami dunia di Kopma UNY. Bahkan belum sempat mengikuti kepanitiaan, ia langsung mendaftar dan terpilih menjadi Duta Anggota Kopma UNY 2016. Berbagai macam kegiatannya pun saat itu mulai terfokus pada bagian keanggotaan, mulai dari mengisi sosialisasi tentang keanggotaan dan ranking 1 (satu) di acara CBT untuk anggota. Setelah itu, ia juga mulai aktif mengikuti kepanitiaan yang diadakan di Kopma UNY. Berawal dari situlah Hihin semakin betah berproses di Kopma UNY, serta ingin mengubah pola hidupnya yang selama ini belum pernah mencicipi bagaimana rasanya berorganisasi.

Perjalanan Hihin berkecimpung di Kopma UNY tidak berhenti sampai situ saja, ia mulai memperdalam keterampilan dan ilmunya dengan menjadi SO (Staff Operasional) tahun 2016, dan dilanjutkan sebagai JA (Junior Asisten) tahun 2016, yang sekarang telah berubah namanya menjadi JM (Junior Manajer). Selepas pengalaman yang ia dapatkan bersama managemen Kopma UNY, Hihin pun memutuskan untuk mengambil posisi sebagai Asisten Bidang PSDA Periode 2017, di bagian pendidikan formal. Kini, ia tengah melanjutkan perjalanan karir nya sebagai anggota Pengawas bidang PSDA dan Personalia Periode 2018. Selain itu, di periode yang sama, Hihin juga menjabat sebagai Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (BPW FKKMI) Yogyakarta.

Melalui semua pengalaman dan hasil yang telah diraihnya selama berproses di Kopma UNY ini, Hihin berharap ke depannya Kopma UNY mempunyai kader-kader yang tangguh, mandiri, kreatif serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap Kopma UNY melalui aksi nyata serta Kopma UNY menjadikan usaha yang terfokus dan dapat diandalkan seluruh elemen untuk menuju koperasi yang lebih kooperatif di era digital ini.

 

FAJAR UJI LESTARI

Fajar Uji Lestari merupakan perempuan kelahiran 1996 yang bertempat tinggal di Nusupan, Salaman, Magelang, Jawa Tengah. Perempuan yang kerap disapa dengan panggilan “Tari” kini masih mengenyam pendidikan di jurusan Pendidikan Luar Biasa di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Ketertarikannya pada Kopma UNY dipicu oleh keinginan dan cita-citanya sebagai pingin wirausaha yang sukses. Ia juga tertarik bergabung menjadi anggota Kopma UNY karena mendapatkan akses dan fasilitas yang mudah dalam menabung.

               Menurutnya banyak hal yang bisa didapat dari pengalamannya selama di Kopma UNY. Intinya bisa belajar langsung dan dihadapkan dengan kondisi nyata suatu bisnis usaha, dapat belajar bagaimana cara mengelola suatu bisnis, serta dapat belajar marketing dan promosi suatu usaha. Bahkan ilmu marketing yang kita punya bisa diterapkan di kopma, punya relasi bisnis yang banyak mulai dari partner bisnis kopma uny maupun relasi dari luar yang menjadi konsultan maupun referensi bisnis (owner suatu perusahaan), belajar dan praktek langsung cara bernegosiasi dengan orang lain, belajar cara menjalin komunikasi dengan banyak orang, terutama orang yg lebih tua. Tentunya pengalaman di bidang usaha lebih banyak didapat karena Tari merupakan Asisten Usaha di Managemen Kopma UNY 2017 dan kini menjabat sebagai ketua bidang Usaha Managemen Kopma UNY 2018.

 

CHILYATUL UMNIYAH

Chilyatul Umniyah atau akrab dipanggil Chilya merupakan seorang gadis kelahiran Bantul, 9 April 1997. Ia pernah bersekolah di SD Muh 2 Kadisoro, SMP N 3 Pandak, SMK N 1 Bantul dan dilanjutkan dengan menempuh S1 Pendidikan Akuntansi di UNY.  Ia merupakan mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi. Sempat mengikuti HIMA Diksi FE UNY dan Manajemen Kopma UNY tidak membuatnya keteteran dalam membagi waktu.

 ”Organisasi yang baik yaitu organisasi yang sudah memiliki timeline kegiatan. Asal pintar membagi waktu, semisal ada jadwal tabrakan, maka waktu yang kita punya dibagi bisa laporan di HIMA terlebih dahulu baru menyusul rapat Kopma dan jika benar-benar tidak bisa dibagi maka dahulukan yang lebih penting dahulu. Kuncinya yaitu dekatlah dengan siapapun yang bersangkutan dengan pembuat jadwal atau kegiatan tersebut agar mudah melobinya.”, ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat Kopma UNY.

Saat ini Chilya tengah menjabat sebagai General Manajer di Kopma UNY sebagai ketua bidang keuangan. Ia mulai tertarik memasuki manajemen Kopma UNY berawal dari ajakan seorang teman untuk mengikuti lomba yang syaratnya harus menjadi anggota kopma UNY, mulai dari sinilah Chilya mulai mengenal Kopma UNY. Perjalanan karirnya dimulai dengan mengikuti SO (Staff Operational). Saat menjadi SO menurutnya kekeluargaan di kopma sangat bagus maka dari itu ia memutuskan untuk terjun dalam kepengurusan Kopma UNY. Selain kekeluargaan yang ada di kopma, keinginannya untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat selama bersekolah dan kuliah merupakan alasan yang paling kuat.

Harapan Chilya untuk Kopma ke depannya yaitu ada 2, yaitu terkait usaha dan organisasi. Terkait usaha yaitu mengoptimalisasi divisi yang ada dan mampu membuka divisi yang baru di Kopma UNY  agar Kopma UNY mendapatkan laba yang lebih tinggi dan SHU yang diterima oleh anggota akan lebih tinggi pula, hal ini akan meninggkatkan kesejahteraan anggota. Dan yang kedua terkait organisasi yaitu meningkatkan sistem kaderisasi yang ada di Kopma UNY salah satu caranya yaitu dengan melakukan diskusi rutin dengan anggota Kopma UNY.

Satu hal yang perlu diubah dari kebiasaan di Kopma UNY yaitu pemanfaatan waktu dengan sebaik-baiknya, misal dengan tidak terlambat saat menghadiri rapat. Hal itu dapat terwujud dengan cara mengubah diri masing-masing untuk menjadi yang lebih baik lagi, karena jika diri sendiri sudah baik maka yang lainnya akan mengikuti.

“Jika kita ingin menjadi kaya maka kayakanlah orang yang belum kaya” adalah motto yang dipegang teguh oleh Chilya. Makna dari motto tersebut selaras dengan yang dimiliki oleh Kopma juga yaitu “Besarkanlah kopma maka kamu akan besar bersamanya”

(All Crew of JM 2018)

WhatsApp Chat Now