Tentang Kopma UNY

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan wadah potensial dalam mencetak insan-insan mandiri, profesional, dan terdidik sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, UNY mempunyai unit-unit pendidikan intra dan ekstra kampus yang terkolaborasi secara sinergis dan saling melengkapii satu dengan lainnya. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai salah satu unit kampus diharapkan mampu menjadi pelengkap dalam memenuhi dinamisasi mahasiswa UNY. Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (KOPMA UNY) sebagai salah satu UKM mempunyai kewajiban untuk ikut berperan dalam mewarnai delik pendidikan dan pelatihan dalam kampus. KOPMA UNY yang beranggotakan elemen-elemen kampus mempunyai kekuatan untuk bergerak dalam memajukan  kredibilitas kampus dan civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta dengan tetap memperhatikan kesejahteraan anggotanya.

Sejarah Kopma UNY

Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta lahir atas dasar ide dan prakarsa beberapa aktifis mahasiswa yang memandang perlu adanya suatu wadah peningkatan kesejahteraan mahasiswa. Oleh karena itu kehadiran sebuah koperasi mahasiswa merupakan hal yang sangat penting untuk direalisasikan. Pemikiran ini merupakan latar belakang turunnya Surat Keputusan Rektor (SKR) tentang panitia pendiri KOPMA IKIP yang kemudian mengadakan rapat pendirian KOPMA IKIP Yogyakarta pada tanggal 30 September 1982. Personel panitia pendiri KOPMA IKIP Yogyakarta yang dimaksud adalah:

Ketua Panitia  : Khusaeni (FPIPS)

Sekretaris        : Sa’dun Akbar (FPIPS)

Anggota          : Edy Susanto (FPTK), Suryanto (FPTK), Siwi Indarwati (FPMIPA), Muhammad Jaiz (FIP)

Rapat tersebut belum menghasilkan keputusan. Rapat selanjutnya pada tanggal 2 Oktober 1982 yang dihadiri oleh 76 mahasiswa menghasilkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), akte pendirian, struktur organisasi, formasi pengurus, dewan penasehat, badan pemeriksa sekaligus menetapkan 2 Oktober 1982 sebagai tanggal berdirinya Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (KOPMA IKIP Yogyakarta). Untuk memperkuat keberadaan Kopma, maka segera dimintakan badan hukum dan terbit pada tanggal 27 Oktober 1983 dengan nomor 1281/BH/XI.

Saat itu KOPMA IKIP belum memiliki unit usaha yang mendukung karena keterbatasan modal dan fasilitas. Modal awal yang dimiliki pada waktu itu dari Simpanan Pokok 76 anggota sebesar Rp. 114.000,00 dan bantuan institut berupa tempat usaha, mebelair serta pinjaman modal sebesar Rp275.000,00. Selanjutnya pada tanggal 1 Maret 1983 dibuka unit usaha

penjualan Alat Tulis Kantor (ATK) dan sandang bertempat di gedung merah. FPIPS IKIP Yogyakarta (FIS UNY). Kemudian KOPMA IKIP memperoleh hibah dari Menkop RI sebesar Rp. 7.500.000,00.

Pada tanggal 12 Mei 1983 diperoleh Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan tanggal 13 Oktober 1983 KOPMA IKIP resmi menjadi primer Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO) dengan SK Nomor 051/F.5/X/1983. Unit usaha Cafetaria mulai beroperasi 1 Februari 1984 dan 3 bulan berikutnya berdiri Foto Copy dan laminating/press.

Awal tahun 1994, kantor dan unit usaha lainnya yang tergabung dalam Divisi Perdagangan Umum pindah ke Gedung Rektorat Lama di Gg. Guru Karangmalang sehingga posisinya lebih strategis, representative serta sangat perspektif untuk perkembangan usaha di masa mendatang. Tanggal 21 Desember 1994 KOPMA IKIP mengoperasikan Warparpostel KOPMA IKIP yang tergabung dalam Divisi Pelayanan Jasa di Jl. Colombo No. 5 dengan bantuan pinjaman dari institut sebesar Rp. 45.000.000,00 untuk pembangunan gedung serta perijinannya. Pada April 1996 dirintis unit perkreditan (Unit Simpan Pinjam) untuk anggota dan non anggota (Unit Kegiatan Mahasiswa lain).

Pada September 1998 dengan adanya renovasi fisik gedung rektorat lama sebagai kantor dan mini market KOPMA IKIP terpaksa dipindahkan ke Ruang kelas FPBS timur depan sanggar seni Bahasa Indonesia. Sedangkan untuk mini market dan foto copy dipindahkan ke garasi bis disebelah timur gedung rektorat lama. Perpindahan sementara ini berlangsung lebih kurang selama 6 bulan. Hal ini banyak mempengaruhi omzet usaha terutama mini market karena letak yang tidak strategis serta mengganggu kinerja karyawan. Kantor dan unit usaha mulai menempati gedung rektorat lama kembali pada bulan April 1999.

Pada bulan Januari sampai dengan Maret 1999 dilakukan renovasi fisik gedung Cafetaria KOPMA IKIP. Renovasi ini mendapat bantuan pinjaman dari institut sebesar Rp. 40.000.000,00. Selama renovasinya Cafetaria tetap buka dengan menggunakan tenda di samping gedung yang direnovasi. Renovasi selesai pada 11 Maret 1999. Pada bulan Oktober 1999 KOPMA IKIP Yogyakarta secara resmi berubah menjadi Kopma UNY. Pada bulan November 1999 disahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang baru dan tanda legalitas lainnya juga diubah pada bulan Februari 2000 mengingat masa berlaku legalitas tersebut sampai dengan akhir tahun 2000.

Pada bulan November 1999 Kopma UNY dipercaya FMIPA untuk mengelola Cafetaria di Fakultas tersebut. Cafetaria ini mulai beroperasi pada awal Februari 2000 dan disebut Café 2, sedangkan Cafetaria yang pertama disebut Café 1. Pada bulan Oktober 2000 Kopma UNY menambah satu divisi lagi yaitu Garden Café yang terletak di sebelah selatan Minimarket. Pada Bulan April 2005 Kopma UNY membuat sub divisi “Wartel FC” yang terdiri dari 2 KBU. Akan tetapi pada bulan Oktober 2005 Divisi Foto Copy Kopma UNY terpaksa tidak dikelola oleh Kopma UNY karena terjadi penurunan omzet dari tahun ke tahun. Pada bulan mei 2006 foto copy kembali dikelola langsung oleh Kopma UNY dengan sistem bagi hasil, namun pada bulan November fotocopy kembali vacum dikarenakan karyawan yang bersangkutan tidak melanjutkan kontraknya dengan Kopma UNY. Selanjutnya foto copy kembali diserahkan pengelolaannya kepada pihak luar. Hal ini dilakukan setelah adanya study dan analisis investasi yang matang.

Pada tahun 2008, Kopma UNY berhasil melaksanakan relokasi divisi Mini Market, Garden Café, dan kantor Kopma UNY. Divisi Mini Market dan Kantor Kopma UNY terletak di Gedung Business Centre Kopma UNY. Sedangkan Garden Café terletak di depan Gedung Business Centre.

Pada tahun 2009 terjadi relokasi Café 1 dan Café 2 karena adanya kebijakan dari pihak rektorat dan pihak Fakultas FMIPA. Kedua Cafetaria tersebut kemudian digabungkan menjadi Kedai 21 dan kegiatan operasionalnya dipindah ke daerah Paingan, Maguwoharjo. Pada bulan Oktober 2009. UNY Foodcourt yang berlokasi di samping Museum Pendidikan (dulu adalah lokasi Café 1) diresmikan langsung oleh Rektor UNY. UNY Foodcourt merupakan unit usaha milik Kampus UNY yang pengelolaannya dipercayakan kepada Kopma UNY. Pada tahun 2009, Kopma UNY telah mengelola delapan divisi usaha yaitu : Mini Market, Garden Café, Unit Simpan Pinjam, UNY Foodcourt, Toko Sembako “Amanah”, “Prima Coop” Cleaning Service, UQ Organizer,

dan Kedai 21.

Pada tahun 2010, Kopma UNY mengadakan Rapat Anggota Khusus untuk perubahan AD/ART. Hasil dari RAK ini antara lain merubah beberapa peraturan pada AD Kopma diantaranya mengenai simpanan wajib anggota, pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dan kepengawasan.

Perkembangan usaha yang dinamis dan kompetitif membuat perubahan unit usaha Kopma UNY. Expansi unit usaha yang telah dirintis, pada tahun 2010 tidak dapat dipertahankan lagi, unit usaha tersebut adalah Toko Sembako “Amanah” dan Kedai 21 Paingan. Perkembangan unit usaha jasa pada tahun 2010 berhasil mengembangkan usaha jasa Kredit Laptop bagi anggota. Penambahan fasilitas dengan pengadaan ATM yang bekerjasama dengan instansi terkait juga telah dilaksanakan. Divisi usaha yang dikelola Kopma UNY sampai tahun 2011 adalah Minimarket, Garden Café, UNY Foodcourt, Jasa dan Pembiayaan seta Unit Simpan Pinjam. Layanan yang terdapat dalam unit jasa meliputi faximiles, ticketing, titipan kilat, pembuatan pin/kaos dan layanan pembayaran listrik,telpon secara online. Pada tahun 2011 ini Kopma UNY berhasil menyewa sebuah rumah di daerah Kuningan untuk aktifitas kegiatan Forum Anggota.

Pada tahun 2012, setelah melakukan perhitungan secara matang, Kopma UNY melepas UNY Foodcourt namun masih memiliki satu outlet di UNY Foodcourt yang saat ini pengelolaannya dilakukan oleh BPPU rektorat. Prestasi usaha yang dilakukan oleh Kopma pada tahun 2012 ini adalah membuka satu divisi usaha cafetaria di FBS UNY dengan nama Kantin Ungu

FBS. Pada tahun 2012, Kopma UNY juga berhasil mengelola divisi usaha berbasis syariah yakni USP Amanah dengan berbagai produk berbasis syariah. Sehingga divisi usaha yang dimiliki Kopma UNY saat ini adalah Mini Market, Garden Cafe, UFC Beverage, Jasa dan Pembiayaan, Kredit Laptop, USP Amanah dan Kantin Ungu FBS. Rumah anggota Kopma UNY yang berada di

daerah Kuningan pada tahun 2012 juga diperpanjang dengan berbagaikegiatan anggota seperti kepanitiaan, forum keanggotaan, komunitas, pameran produk anggota, kegiatan belajar anak-anak masyarakat sekitar rumah anggota sehingga slogan untuk rumah anggota tahun ini adalah “Rumah Anggota, Rumah Belajar Masyarakat Kuningan.”

Di awal tahun 2013, Kopma UNY menutup satu divisi Food N Drink Corner dikarenakan hasil analisis keuangan divisi yang tidak bagus dan adanya beberapa kendala teknis yang mengahambat operasional. Namun, pada pertengahan bulan Juli 2013, Kopma UNY mendirikan 1 (satu) divisi usaha baru dalam bidang retilyang diberi nama “TokoKU” singkatan dari Toko Kopma UNY yang berlokasi di utara Kampus 2 (dua) UNRIYO Tajem, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Jadi sampai pada tahun 2013 divisi usaha yang dikelola Kopma UNY berjumlah 6 divisi yaitu: Mini Market, Garden Café, Kantin Ungu, Layanan Jasa, Unit Simpan Pinjam (USP) Amanah dan TokoKU. Seiring dengan bertambahnya jumlah konsumen di Mini Market Kopma UNY menambah satu unit mesin kasir untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada konsumen.

Pada tahun 2014, divisi yang dikelola Kopma UNY berjumlah 6 divisi yaitu Mini Market, TokoKU, Garden Cafe, Kantin Ungu, Jasa dan USP Amanah. Ekspansi divisi TokoKU yang telah dirintis sejak pertengahan tahun 2013 mulai menunjukkan hasilnya pada akhir tahun ini. Kerjasama private label dengan Aguaria yang telah terjalin selama 2 tahun lebih, tidak bisa dilanjutkan dikarenakan terjadi permasalahan pada pihak internal Aguaria. Namun pada tahun ini, permasalahan tersebut langsung dapat dijawab dengan kerjasama private label Kopma UNY dan perusahaan AMDK yang beroperasi di Semarang. Sablonase kantong plastik berlogo Kopma UNY

juga dapat direalisasikan periode ini. Sedangkan, Rumah Anggota (RA) Kopma UNY pada tahun 2014 diperpanjang kontrak selama 2 tahun hingga 2016 agar dapat menjadi tempat kegiatan bagi anggota aktif.

Pada tahun 2015, diakhir kepengurusan Kopma UNY berhasil melakukan persiapan ekspansi divisi baru dengan nama “ Kopma UNY Core” yang berlokasi di Jalan Affandi (Gejayan) gedung Laboratorium Kewirausahaan UNY lantai 1 Komplek kampus UNY, DepokSleman Yogyakarta. Bergerak dibidang Retil dengan target pasar utama warga UNY dan masyarakat umum. Divisi ini diresmikan pada tanggal 13 Januari 2016, langsung diresmikan oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. Sehingga divisi yang dikelola Kopma UNY berjumlah 7 divisi yaitu Mini Market, TokoKU, Kopma UNY Core, Garden Cafe, Kantin Ungu, Jasa dan USP Amanah.

Pada tahun 2016, divisi yang dikelola Kopma UNY berjumlah 7 divisi yaitu Mini Market, TokoKU, Garden Cafe, Kantin Ungu, Jasa, USP Amanah, dan Kopma UNY Core. Ekspansi divisi Kopma UNY Core yang diresmikan pada tahun 2016 ini cukup menunjukkan progresifitasnya namun perlu terus dievaluasi diwujudkan dengan monitoring rutin bulanan pengurus kopma UNY dengan BPPU UNY. Selanjutnya Kantin Ungu secara resmi di tutup pada bulan Mei 2016. Hal yang melatarbelakangi penutupan divisi ini ialah angka kerugian yang terus mengalami peningkatan. Tercatat pada tahun 2014 kerugian yang dialami oleh Kantin Ungu sebesar Rp 14.437.226,- dan mengalami peningkatan pada tahun 2015 sebesar Rp 20.778.121,-. Berbagai upaya advertensi telah dilakukan menajemen Kopma UNY untuk menstabilkan divisi ini. Berdasarkan analisis Kantin Ungu, Menunjukkan menurunnya kepuasan pelanggan disebabkan karena menurunnya kinerja karyawan, serta bertepatan dengan relokasi Kantin FBS menjadi penguat untuk Divisi ini ditutup pada tahun ini. Pada saat penutupan ini, terakumulasi kerugian dari awal tahun hingga divisi ditutup sebesar Rp 6.441.615,-. Aset berupa peralatan senilai Rp 2.070.500,- dialihkan ke divisi Garden Café. Pada tahun ini Kerjasama private label terus diupayakan, diwujudkan melalui kerjasama dengan Produk air mineral Pelangi, produk Cottonbath, produk Kapas, dan produk merchandise.

Pada bulan Maret 2017, Kopma UNY melaksanakan Reuni Akbar yang dihadiri oleh alumni tahun 1982-2016. Pada Bulan Mei 2017 Kopma UNY launcing produk baru dari Unit Simpan Pinjam Amanah (USP Amanah) berupa TabunganKU dan Deposito. Selain itu, pada bulan tersebut Divisi Kopma UNY Core menerima penyertaan modal dari Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Mapan Sejahtera UNY sebesar Rp 100.000.000,00. Modal tersebutdigunakan untuk menambah peralatan dan persediaan. Pada Bulan Mei juga terdapat perubahan Laboratorium Kewirausahaan tempat unit usaha Kopma UNY Core menjadi Plaza UNY. Sedangkan pada Bulan Juni 2017 dilakukan relokasi Divisi Jasa Kopma UNY, yang semula berada di Gd. Business Center

lantai 1 pindah ke Jalan Karangmalang Blok B 17. Sehingga ruang usaha lebih representatif dari sebelumnya. Adanya relokasi ini diikuti dengan penambahan aset, salah satunya berupa satu unit komputer untuk meningkatkan layanan jasa. Tepat tanggal 23 Desember 2017 dilakukan penupan sementara Divisi Garden Café guna pembenahan baik dari segi SDM, produk, maupun layouting.

Pada Maret 2018, divisi Kopma UNY Core di jual kepada KPN.

Identitas
Nama      : Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (KOPMA UNY)
Kedudukan      : Gd. Business Centre KOPMA UNY, Karangmalang, Sleman, DI Yogyakarta 55281
Berdiri               : 2 Oktober 1982
Jenis Koperasi   : Koperasi Konsumen
Telpon                : +62274-584134
E-mail                : kopma-uny@kopmauny.com
Facebook           : Kopma UNY
Website              : www.kopmauny.com

Visi
Menjadikan KOPMA UNY yang berorientasi kepada anggota  sebagai badan usaha yang mandiri dan tangguh sekaligus sebagai wahana pengembangan usaha dan pengkaderan kewirakoperasian.

Misi
Menjadi sebuah badan usaha yang berbasis pada partisipasi aktif anggota sebagai strategi pengembangan KOPMA UNY yang dinamis, kompetitif, dan mensejahterakan anggota guna mewujudkan kader-kader yang handal, baik sebagai wirakoperasi maupun wirausaha sehingga dapat membangun kehidupan masyarakat pada umunya, dan anggota pada khususnya.

OUR TEAM

This is a custom heading description

WhatsApp Chat Now