*Yogyakarta* – Kopma UNY melalui Pengawas periode 2018 berinisiatif melaksanakan diskusi rutin demi peningkatan kapabilitas sekaligus membangun jiwa kritis anggota. Dijadwalkan terselenggara setiap Rabu, pukul 15.30 WIB di Rumah Anggota Kopma UNY, diskusi bertajuk “Dilan” sepi peminat. Dilan (Diskusi Lanjutan) #1 yang diselenggarakan pada Rabu, 16 Mei 2018 lalu dihadiri tidak lebih dari 10 Anggota. Padahal, menurut pengakuan salah seorang anggota yang telah cukup dekat dengan Kopma UNY, budaya yang dijalin oleh Manajemen (sebutan bagi pengurus- pengawas) dengan Anggota Kopma mampu membuat rindu jika terlalu lama tidak ikut serta dalam kegiatan keanggotaan.

“Padahal sudah aku luangkan waktunya buat ikut acara ini, tapi sayang sekali masih sepi. Aku ingin sekali ikut acara Kopma lagi kayak dulu sama teman-teman.” ungkap Renita, salah seorang demisioner Pengurus Forum Keanggotaan Kopma UNY saat menghadiri Dilan #1.

Belum berhasilnya kegiatan rutin edisi pertama tersebut disinyalir karena fasilitas yang diberikan masih minimalis. Menurut penanggung jawab acara, Pengawas, sejumlah anggota menanyakan fasilitas apa saja yang diperoleh jika mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, hujan yang sempat mengguyur daerah Kuningan, lokasi Rumah Anggota (RA) juga menjadi salah satu penyebab rendahnya partisipan.

Dengan demikian, terdapat pula indikasi kurangnya kepedulian Anggota terhadap perkembangan Kopma UNY mengingat jarak RA dengan kampus cukup dekat. Padahal, satu-satunya penggerak yang mampu mengembangkan Koperasi adalah anggota itu sendiri. Apabila anggota pasif, bisa jadi suatu koperasi akan mati. Jika kepedulian untuk bertemu dan berdiskusi saja masih rendah, bagaimana mungkin anggota suatu koperasi mampu melanjutkan estafet kepengurusan di masa mendatang.

Trik yang kemudian akan digunakan oleh Pengawas dalam mempersiapkan Dilan #2 adalah dengan menambah jumlah fasilitas. Masih terdapat sejumlah wacana untuk fasilitas yang akan diberikan dalam Dilan #2 seperti Buka Bersama, Sertifikat, Poin Kegiatan, atau dapat juga fee transportasi, tergantung dengan keputusan rapat Pengurus dalam waktu dekat.

https://www.kopmauny.com/dilan-wujud-koperasi-krisis-kader

Print Friendly, PDF & Email