Humas, Potret Organisasi

Humas, Potret Organisasi

Category: BERITA, Event, Featured

Dari humas, sifat organisasi dapat tercermin. Hal itu tidak berlebihan. Sebagai badan usaha, Koperasi pastinya akan selalu berhubungan dengan eksternal perusahaannya. Oleh sebab itu, tidak salah apabila koperasi memiliki orang-orang yang menangani bidang kehumasan. Humas merupakan suatu bidang yang menjembatani antara pihak internal perusahaan dengan pihak eksternal perusahaan dan sebaliknya. Bukan tidak mungkin, apabila bidang kehumasan diisi dengan orang-orang yang pandai bergaul.

Pada hari Sabtu (31/3/2018), Depres Humas HKMY (Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta) menggelar acara rutin “Kumpul Humas Kopma Se-Jogja”. Acara yang dilangsungkan di Salah satu Gedung Kuliah STMM mengusung tema “Silaturrahmi Bersama Humas Kopma Se-Yogyakarta”. Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari Kopma se-DIY ini, diawali dengan perkenalan Pengurus HKMY periode 2018. Dalam acara ini juga, diberikan materi yang berasal dari Humas HKMY itu sendiri. Materi yang diberikan seperti pengenalan akun-akun media sosial HKMY, dan juga bagaimana caranya bila ingin menitipkan informasi untuk disebarluaskan melalui akun-akun HKMY tersebut.

Acara diakhiri dengan diskusi bersama. Diskusi kali ini membahas masalah-masalah yang dihadapi di Kopma masing-masing terutama mengenai masalah kehumasan. Dengan bertukar pikiran, diharapkan perwakilan dari Kopma mendapatkan solusi dari masalah yang dimiliki di koperasinya atau setidaknya mendapatkan manfaat dari apa yang telah didiskusikan. Karena yang namanya diskusi adalah sebuah forum yang saling memberi manfaat dan menerima manfaat. Sehingga diharapkan tidak ada yang dirugikan dari adanya diskusi tersebut.

Karena seringnya bidang kehumasan bertemu dengan orang baru, orang yang menjadi humas suatu organisasi pastinya memiliki banyak relasi. Jika seseorang memiliki relasi dimana-mana, sedikit banyak hal itu akan membantu masa depannya. Semakin banyak orang yang kau kenal, semakin kecil peluangmu untuk tersesat. Minat gabung menjadi bagian dari dunia kehumasan? (FNA/MPI Kopma UNY 2018)