Pelatihan Kewirausahaan oleh Kopindo Yogyakarta dan Kementerian Koperasi dan UMKM RI

  • Kopma UNY
  • Pelatihan Kewirausahaan oleh Kopindo Yogyakarta dan Kementerian Koperasi dan UMKM RI

Pelatihan Kewirausahaan oleh Kopindo Yogyakarta dan Kementerian Koperasi dan UMKM RI

Category: BERITA, Event, Featured

Koperasi adalah soko guru perekonomian Indonesia. Kalimat tersebut mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, terutama bagi orang-orang yang bergelut di dunia koperasi. Berdirinya suatu koperasi diharapkan mampu untuk memberikan manfaat kepada anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tidak hanya di bidang ekonomi, koperasi juga diharapkan mampu untuk berkontribusi di bidang pendidikan. Seperti halnya bunyi salah satu prinsip koperasi menurut UU no. 25 tahun 1992 yaitu “pendidikan perkoperasian”.

 

Dalam rangka mewujudkan salah satu prinsip koperasi, pendidikan perkoperasian, Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) Wilayah Yogyakarta bersama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI mengadakan sebuah agenda yaitu Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda dan Mahasiswa. Agenda yang diikuti oleh koperasi-koperasi mahasiwa di DI Yogyakarta tersebut dilaksanakan di LPP Convention Hotel pada tanggal 24 & 25 Maret 2018. Pelatihan yang diikuti oleh kurang lebih 40 pemuda koperasi di DI Yogyakarta ini dibuka oleh perwakilan dari Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Yogyakarta.

Dalam “Pelatihan Kewirausahaan Melalui GKN Bagi Gerakan Koperasi” ini, peserta diberikan materi-materi yang bermanfaat untuk menjadi pribadi wirausaha yang berjiwa koperasi. Ada 4 materi penting yang diberikan oleh 4 pembicara. Kabid deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UMKM, Anang Said, memberikan materi mengenai Nilai Kewirausahaan (Kreatifitas, Risiko, dan Produktifitas). Beliau menjelaskan mengenai “Lamikro”, suatu sistem yang belam lama ini dikembangkan untuk memudahkan masyarakat awam dalam membuat laporan keuangan usaha mikro, kecil, maupun menengah.

Pemateri kedua, Abd Karim, memberikan materi mengenai Metode Penyusunan Bisnis Plan. Peserta pelatihan diajari tentang cara memulai suatu bisnis menggunakan model canvas. Model ini mempelajari komponen-komponen yang seharusnya ada dalam merencanakan suatu bisnis. Dilanjutkan dengan materi mengenai kewirakoperasian oleh Muhammad Risal.

Di hari kedua, diawali dengan materi tentang Start-up Bisnis di Lingkungan Mahasiswa oleh Pendi Yusup Mochtar Efendi, Ketua Kopindo. Dalam sesi ini diberikan materi mengenai aspek-aspek penting untuk memperhitungkan kelayakan suatu usaha. Peserta juga diajak bersimulasi untuk memulai suatu usaha baru. Acara ditutup dengan Pelantikan Pengurus Kopindo Perwakilan Yogyakarta oleh Ketua Kopindo.

Selain ilmu yang bermanfaat yang diperoleh dalam acara ini, acara ini sebagai ajang bersilaturrahmi antar Kopma se-DI Yogyakarta dan masih banyak lagi keuntungan mengikuti acara ini. Setidaknya, satu hal yang pasti, tidak ada ruginya bila seseorang mau aktif berkontribusi bersama membesarkan suatu koperasi. Karena, banyak perusahaan-perusahaan go public yang mengawali karirnya dari entitas bisnis koperasi. Banyak manfaat yang seseorang bisa dapatkan dengan bergabung dengan koperasi. Bravo Kopma! (FNA/MPI Kopma UNY 2018)